Kamis, 09 Juli 2015

Masyarakat Sekitar Kawasan Pantai peneluran penyu Mendeklarasikan perubahan nama Jamursba medi menjadi "Jeen Womom" sesuai bahasa lokal (Suku Abun)

Tepatnya tanggal 25 Juni 2015 dimana dilangsungkannya Upacara Adat Pemanggilan Penyu Belimbing di Pantai Baturumah, Masyarakat Adat perwakilan Kampung Warmandi, Saubeba dan Wau mendeklarasikan nama baru untuk Pantai peneluran yang sebelumnya adalah Jamursba medi yang di ambil dari nama tanjung dan sungai di daerah itu, kini diganti dengan nama JEEN WOMOM yang artinya pantai penyu belimbing sesuai dengan bahasa masyarakat suku Abun. selanjutnya segmen Pantai Baturumah dan Wembrak diganti menjadi bahasa lokal dengan nama Jeen Yessa 1 sedangkan Segmen Pantai Warmamedi diganti dengan sebutan Jeen Yessa 2.  Segmen Pantai Warmon diganti dengan sebutan Jeen Syuab.  Pergantian nama ini adalah bentuk apresiasi terhadap pemilik ulayat marga Yessa dan masyarakat adat yang mendiami kawasan sekaligus memperkenalkan bahasa Abun kepada masyarakt luas. (HF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...