Selasa, 17 November 2015

Tahun 2015 Jumlah Populasi Penyu Belimbing semakin Kritis

Warning Buat kita semua pemerhati penyu dan pemerintah Tambrauw,  bahwa jumlah individu penyu belimbing semakin berkurang, penurunan yang tajam ini dilaporkan dalam penelitian Universitas Papua (UNIPA) (Tapilatu et al, 2013) salam 27 tahun terakhir penurunan mencapai 78,3% atau 5.9% per tahun di pantai peneluran penyu Jamursba medi dan Warmon (Jeen Womom).  Up date terbaru dari UNIPA  mencatat bahwa ditahun 2015 jumlah  hanya sekitar  2000 sarang penyu sedangkan jumlah individu betina diperkirakan hanya 498 ekor.  Jika dibandingkan dengan tahun 1996 tercatat 6.929 sarang dan estimasi betina 1.575 individu (Hitipeuw et al, 2007) tentu jumlah saat ini perlu kita waspadai dan segera kita lakukan aksi peningkatan jumlah yang selamat dan menetas.  
Perlu juga keseriusan dari pihak berwajib (Balai Besar Konservasi SDA Papua Barat, Kepolisian dan DKP dalam mengurangi pengambilan telur dan penangkapan individu betina penyu untuk di konsumsi oleh masyarakat lokal, mengingat tahun ini semakin marak pengambilan telur penyu oleh masyarakat lokal (HF). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...