Kamis, 15 Maret 2012

DAMPAK AIR LAUT PASANG TINGGI DI PANTAI WARMON TAHUN 2012 TERHADAP SARANG PENYU BELIMBING

Air laut pasang tinggi yang disertai abrasi  terjadi setiap tahun di Pantai Warmon,  pada musim peneluran kali ini tepatnya akhir Bulan Desember sampai Februari awal tahun 2012 terjadi air pasang tinggi yang mencapai vegetasi, ini memiliki dampak yang besar terhadap volume pasir pantai peneluran penyu Warmon.  Berdasarkan hasil monitoring tim WWF Kantor Sorong Pada bulan Februari 2012 (unpublishdata)  memperlihatkan hilangnya  pasir pantai peneluran  mencapai 6-8 meter dari vegetasi (lihat Gambar)




 Air Laut mencapai Vegetasi

Laporan dari local patroller WWF menyebutkan bahwa pada tanggal 27 – 30 Desember 2011 merupakan klimaks dari air pasang tinggi yang menyapu sarang – sarang penyu belimbing  dibulan November – Desember 2011 , di laporkan bahwa air laut mencapai vegetasi yang menyebabkan tumbangnya beberapa pohon (lihat Gambar).    Berdasarkan monitoring tersebut diketahui abrasi lebih besar terjadi pada sektor 1 – 54 di Pantai Warmon, dan kemungkinan sarang yang selamat di sektor tersebut  sangat kecil.


Jumlah telur yang gagal menetas

Menurut Tim Monitoring WWF Kantor Sorong telur yang gagal menetas diperkirakan  mencapai 208 sarang penyu belimbing dari bulan November 2011 – Januari 2012.  Jumlah ini tentu sangat banyak bila dibandingkan jumlah keseluruhan sarang penyu belimbing yang sudah semakin sedikit.  Hal ini berarti pula pasokkan tukik ke laut sangat sedikit. Sehingga akan terjadi ketidak seimbangan antara yang hidup dan yang mati (gagal menetas).

Pendangkalan jarak telur ke permukaan pasir

Sarang – sarang yang terabrasi ada yang langsung tebawa air laut ada pula yang masih tertinggal namun jarak dari permukaan telur ke permukaan pasir makin dangkal, hal ini membuat telur tersebut sangat mudah tercium oleh anjing dan biawak sehingga terpredasi (lihat Gambar). 

Kegiatan Relokasi
Kegiatan relokasi dan pemasangan jaring penutup sarang  oleh WWF kantor Sorong terus dilakukan walaupun jumlah penyu yang naik di bulan Februari tahun 2012 ini lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. Upaya perlindungan selain terhadap ombak di air laut pasang, maupun terhadap predator khususnya anjing (HF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...