Selasa, 05 Juni 2012

Hal-Hal Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Ke Pantai Peneluran Penyu (Suaka Marga Satwa) Jamursba Medi


Pantai Peneluran Jamursba medi berada di Bentang Laut Kepala Burung Pulau Papua, tepatnya berada di pesisir utara Kabupaten Tambrauw Papua Barat.  Bulan Maret – September merupakan bulan peneluran bagi penyu belimbing di pantai ini, dan untungnya lagi selama bulan ini ombak laut cukup bersahabat alias teduh. Dibagian pesisir utara pantai pada umumnya banyak sekali agas,  termasuk juga pantai  Jamursba medi, jika anda alergi agas (serangga yang lebih kecil dari nyamuk tapi sifatnya sama seperti nyamuk suka gigit), sebaiknya menyiapkan diri  sebelum pergi.

Mungkin anda  ingin sekali melihat penyu belimbing dan untuk itu anda  harus pergi ke Pantai  Jamursba medi.  Tapi anda belum tahu keadaan disana dan hal apa yang harus dipersiapkan, mau tahu apa yang harus disiapkan berikut penjelasannya .
1.       Perlengkapan pribadi
Perlengkapan pribadi meliputi, sabun mandi dan cuci, odol, sikat gigi, deodoran, shampoo, handuk, jacket dan pakaian ganti.   Disarankan membawa pakaian lengan panjang dan celana panjang terutama jika anda tidak tahan gigitan agas.

2.       Perlengkapan tidur
Antara lain : kelambu (kelambu harus yang paling kecil ukuran matanya supaya tidak bisa di masukin agas, karena jangan sampai anda tidak bisa tidur malam dan siang karena gigitan agas), selimut dipakai jika anda ingin tidur di pasir karena melihat penyu baiknya bawa selimut, atau sleeping bed, matras, kaus kaki, dan sarung tangan.

3.       Tenda
Jika anda tidak ingin basah karena hujan sebaiknya anda membawa tenda, atau minimal terpal untuk melindungi dari hujan dan angin, maklum di pantai tidak ada penginapan atau resort yang disewakan untuk tamu.
4.       Bahan Makanan dan peralatan masak
Di pantai Jamursba medi tidak ada orang berjualan, di kampung terdekatpun barang-barang yang dijualpun terbatas, oleh karena itu an da harus mempersiapkan bama sendiri dengan memperhitungkan lama waktu anda di pantai.   Jangan  lupa perhitungkan juga jika anda mengajak salah seorang dari masyarakat kampung yang akan memandu anda, tentu dia akan makan bersama dengan anda.  Kecuali jika anda ingin membeli ubi-ubian dari kampung. Pastikan juga tersedia alat-alat untuk masak dan saringan air (airnya berkapur), untuk bahan bakar masak, jangan khawatir di pantai banyak kayu bakar yang bisa digunakan.
5.       Peralatan penerangan
Peralatan penerangan yang anda harus bawa yaitu senter kepala (lebih baik yang ada warna merahnya, untuk melihat penyu, lihat Gambar),  lenterna/ petromax (minyak tanah), korek api.
6.       Obat-obatan
Obat-obatan ringan perlu kita siapkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, antara lain : minyak tawon, minyak angin, herocyn, betadine, antibiotik, obat malaria (jangan khawatir tidak ada nyamuk hanya agas) , obat diare,  obat alergi, balsem.

7.       Perlengkapan lainnya
Perlengkapan lainnya yang mungkin anda bawa berkaitan dengan medan di pantai antara lain :  Soffel/autan,  pisau / parang kecil, kacamata riben, kamera digital, Hp satelite jika ada, jangan lupa juga bawa Hp biasa, karena jika ada kapal PELNI lewat biasanya bisa dapat signal sehingga bisa komunikasi atau paling tidak bisa dengarin musik.

Nah jika semua sudah beres, anda bisa langsung ke Jamursba medi melihat penyu belimbing.  Jangan khawatir pasti ketemu penyunya terutama di bulan musim, anda bisa meminta bantuan petugas monitoring dari WWF atau Unipa yang bekerja di sana untuk mengetahui jam-jam yang tepat untuk ketemu penyu belimbing, anda akan mempunyai pengalaman yang tak terlupakan disana (HF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...