Rabu, 06 Juni 2012

RUSA DAN DENDENG RUSA SALAH SATU MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DI SEKITAR JAMURSBA MEDI


Populasi rusa di pesisir Abun cukup tinggi hal ini terlihat dari jejak kaki rusa terdapat hampir di setiap pantai, terutama daerah yang  jauh dari perkampungan. Daerah Jamursba medi merupakan Suaka marga satwa laut  yang melindungi habitat penyu bertelur.  Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa daerah ini juga banyak terdapat rusa.  Walaupun rusa bukan hewan asli dari hutan Tambrauw,  namun pola reproduksinya yang cepat habitat yang sesuai  menyebabkan populasinya yang cepat berkembang.  


Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat sekitar  dengan membuat dendeng rusa sebagai mata pencaharian mereka.  Dalam pengamatan penulis sendiri, usaha pembuatan dendeng rusa tidak digeluti banyak orang, hanya sebagian kecil yang melakukannya.  Ini merupakan usah musiman.  Beberapa penyebabnya adalah cara penangkapan yang masih sederhana (Jerat, berburu dengan anjing) lokasi tempat rusa yang jauh,  proses pembuatan yang relatif lama (tergantun g panas matahari dan garam).  Sehingga beberapa masyarakat lebih memilih menjual daging mentah langsung.
Beberapa cara penjemuran dendeng rusa seperti yang terlihat di gambar, sudah ada sentuhan lain, seperti tambahan plastik.   Usaha pembuatan dendeng yang lebih modern dan higenis perlu dikembangkan dan dilatih kepada masyarakat agar hasil olahannya  dapat bersaing di pasar domestik dan menjadi produk unggulan kabupaten Tambrauw (HF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...