Kamis, 30 Agustus 2012

Hasil Sampel Genetik Penyu Belimbing di Pasifik


Komunitas penyu belimbing di dunia tersebar di pasifik terutama dibeberapa negara seperti Meksiko, Costa rica, Indonesia (Kepala Burung Pulau Papua), Malaysia, Salomon, dan Vanuatu. Secara global hampir seluruhnya mengalami penurunan yang sangat besar.  Malaysia dan Mexico memiliki populasi yang sebentar lagi akan habis dan tidak tergantikan. 
Berdasarkan sampel genetik (genotypes dan haplotypes)  yang di dapat  dari berbagai pantai peneluran di  pasifik diketahui bahwa komunitas penyu belimbing disetiap pantai peneluran berbeda-beda menurut tempat penelurannya . sehingga diketahui bahwa penyu dari Malaysia dan penyu dari Papua Indonesia berbeda dan berbeda pula dengan yang ada di Mexico.  Hal ini mengkhawatirkan karena jika komunitas penyu belimbing di satu pantai peneluran habis, maka tidak akan tergantikan dari penyu dari daerah lain karena berbeda komunitas.  Sehingga dibutuhkan pengelolaan secara bersama, mengingat seekor penyu memiliki alur migrasi antar benua dan negara (HF).
                                                                               
Sumber :
Dutton, P. 2004,   WESTERN PACIFIC LEATHERBACK Working Group : “Why we are gathered here today”. SEA TURTLE, Cooperative reserch and management Workshop, Second edition, Volume 1.  Honolulu Hawai. Hal 13-16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sah! Gubernur Papua Barat Keluarkan PERGUB UPTD TP Jeen Womom

Penantian yang ditunggu Pemerintah Kabupaten Tambrauw terjawab sudah, setelah ditetapkan Menteri  menjadi Taman Pesisir Jeen Womom pada Des...